[Opini] Kenapa Rossi Ikut Crash, Padahal Jaraknya Cukup Untuk Bisa Masuk Tikungan?

Anangcozz.com – GPmania, masih ingat crash karambol yang terjadi di Catalunya kemarin?? Yap, crash Lorenzo yang menyeret rider rider papan atas yang berjuang untuk kejuaraan, Dovi, Vinales dan Rossi. Namun, yang cukup menarik yang menjadi banyak pembicaraan tentang Rossi nya nih gaes… Maklum, apa apa kalau ada Rossi pasti jadi rame…(Yang rame para fans dan hatersnya… Hehehe).

Insiden Catalunya kemarin Rossi menjadi sorotan para netizen yang terhormat gaes… Banyak yang heran dan bertanya tanya kenapa Rossi ikut crash, padahal jaraknya masih memungkinkan untuk masuk ke tikungan bagian dalam, bukan malah melebar?

Nah, dari beberapa komentar para netizen cukup banyak dan menggelitik. Ada yang bilang karena telat ngerem, menghindar agar tak menabrak Lorenzo, kecepatan terlalu tinggi setelah menyalip Petrucci, dan lain lain terkadang ada yang bikin ngakak kalau dibaca.. Hihihi.

Dan kalau boleh ane berkomentar secara imbang, kejadian crash karambol tersebut terjadi sangat cepat dalam hitungan detik di T10. Posisi Rossi waktu itu dalam kecepatan tinggi karena baru saja menyalip Petrucci dan tiba tiba Lorenzo yang se-racing line di depannya Crash. Hal inilah membuat Rossi tidak bisa mengelak selain melebar.

Kalau memaksa masuk, maka kemungkinan yang terjadi Rossi beresiko crash juga karena memaksa nikung tajam. Resiko kedua, Rossi bisa menabrak badan Lorenzo yang tentunya lebih berbahaya.

Kemudian ada juga pertanyaan, lha kenapa Petrucci yang tak jauh dari Rossi bisa menikung dengan aman? Jawabnya, ya karena beda situasinya sob. Kecepatan motor Rossi lebih kencang dari Petrucci saat menyalip sebelum tikungan. Sementara Petrucci yang baru disalip Rossi, dalam posisi mengerem dengan kecepatan lebih pelan dari Rossi. Dia sudah ancang ancang masuk tikungan lebih dalam agar bisa mengimbangi late brake Rossi. So, Petrucci tidak sampai melebar.

Last…Crash nya Rossi di Catalunya ada banyak faktor juga sob. Dan keputusan Rossi, menurut ane itu sudah yang terbaik dengan berbagai pertimbangan, meski sayangnya dia harus terjatuh. Dan gak mungkin pula, Rossi itu sengaja ikut ikutan jatuh konyol dengan rider lainnya… Apa pula manfaatnya, lha wong dia juga butuh poin untuk ngejar kejuaraan…Hehehe.

Jadi menurut ane, jangan cuma lihat video slow motion nya aja gaes… Kondisi riil di lintasan yang paling menentukan reflek keputusan yang cepat…!!! Dan hanya mbah Rossi yang paling paham akan hal itu.

Monggo komentar bijaknya sobat disini sebagai pecinta MotoGP, bukan sebagai fansboy salah satu rider saja.😁

Published by

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.