Tes Jerez Day 3: RC213V 2016 Masih Terlalu Agresif, Laptime Ditempel Pembalap WSBK!!

image

Anangcozz – Terlalu Agresif, itulah masalah yang masih dirasakan oleh kedua pembalap Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Tes Jerez selama 3 hari ini masih berkutat mencari kombinasi setup Software dan Ban Michelin. Selain itu tes juga difokuskan pada mesin 2016.

Marquez dan Dani mencoba dua mesin sekaligus (2015 dan 2016) dengan kombinasi elektronik, ban dan sasis berbeda. Namun sebagian besar waktu dihabiskan dengan mesin 2016 yang memiliki power yang lebih jinak ketimbang mesin 2015. Tujuannya tak lain untuk memahami dan membandingkan karakter mesin RCV untuk dikombinasikan dengan software dan ban baru.

Dalam tiga hari tes Jerez hingga hari Jumat, menurut komentar Marquez dan Dani masalah masih pada power RCV 2016 yang masih liar, meski tak seganas mesin 2015.  Power engine 2016 masih terlalu liar di putaran tengah. Tapi putaran atasnya sudah oke. Hal ini kebalikannya mesin 2015 yang memiliki power agresif di putaran atasnya. Torsi mesin 2016 juga masih terlalu agresif membuat motor banyak kehilangan akselerasi saat keluar tikungan.

Masalah kedua adalah karakter ban Michelin juga sebenarnya masih jauh dari harapan. Grip dan ketahanan ban depan Michelin masih belum konsisten. Dani kehilangan grip ban depan saat tes hari pertama. Dan hari ketiga Marquez dua kali mdlosor…

Marquez: “Mesin tahun lalu adalah agresif di atas. Sekarang kami memiliki lebih banyak power di bawah, tapi masih kita tidak mengerti cara untuk menyalurkan torsi ini. Sepertinya agresif di bagian bawah, tapi kemudian halus di atas dibandingkan dengan tahun lalu. Kuncinya kita harus menemukan keseimbangan yang tepat antara ujung atas dan bawah.”

Pedrosa: “Penyaluran tenaga sedikit berbeda. Kita mencoba mendapatkan grip lebih. Motor masih banyak sliding saat pengereman.”
“Ini masih belum jelas apakah ini karena isu mesin yang kita alami. Kami masih belum yakin apakah mesin atau elektronik.”

Hasil catatan waktu Marquez dan Pedrosa lebih lambat dibandingkan dengan best lap saat race awal musim ini di Jerez. Bahkan di akhir latihan hari Jumat tadi, laptime Marquez hari ketiga ini ditempel ketat oleh Tom Sykes yang mengendarai motor Kawasaki WSBK. Byuhhh…mungkin kalau di race, belum tentu juga Marquez dan Dani bisa menang melawan Superbike tuh 😀

Dengan software dan ban baru, jelas membuat tim MotoGP harus bekerja ekstra dari awal lagi untuk mencari setup motor. Jelas akan menjadi pekerjaan rumah yang rumit bagi pembalap dan juga insinyur HRC..

Laptime hari Jumat, 27-11-2015:
MotoGP
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 39.17s
6. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 39.93s

WSBK,
1. Tom Sykes 1:39.313 (Kawasaki)
2. Jonathan Rea 1:39.524 (Kawasaki)
3. Nicky Hayden 1:40.193 (Honda)

Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang

Baca Artikel Lainnya gan…:

Published by

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.