Anangcozz – Terlalu Agresif, itulah masalah yang masih dirasakan oleh kedua pembalap Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Tes Jerez selama 3 hari ini masih berkutat mencari kombinasi setup Software dan Ban Michelin. Selain itu tes juga difokuskan pada mesin 2016.
Marquez dan Dani mencoba dua mesin sekaligus (2015 dan 2016) dengan kombinasi elektronik, ban dan sasis berbeda. Namun sebagian besar waktu dihabiskan dengan mesin 2016 yang memiliki power yang lebih jinak ketimbang mesin 2015. Tujuannya tak lain untuk memahami dan membandingkan karakter mesin RCV untuk dikombinasikan dengan software dan ban baru.
Dalam tiga hari tes Jerez hingga hari Jumat, menurut komentar Marquez dan Dani masalah masih pada power RCV 2016 yang masih liar, meski tak seganas mesin 2015. Power engine 2016 masih terlalu liar di putaran tengah. Tapi putaran atasnya sudah oke. Hal ini kebalikannya mesin 2015 yang memiliki power agresif di putaran atasnya. Torsi mesin 2016 juga masih terlalu agresif membuat motor banyak kehilangan akselerasi saat keluar tikungan.
Masalah kedua adalah karakter ban Michelin juga sebenarnya masih jauh dari harapan. Grip dan ketahanan ban depan Michelin masih belum konsisten. Dani kehilangan grip ban depan saat tes hari pertama. Dan hari ketiga Marquez dua kali mdlosor…
Marquez: “Mesin tahun lalu adalah agresif di atas. Sekarang kami memiliki lebih banyak power di bawah, tapi masih kita tidak mengerti cara untuk menyalurkan torsi ini. Sepertinya agresif di bagian bawah, tapi kemudian halus di atas dibandingkan dengan tahun lalu. Kuncinya kita harus menemukan keseimbangan yang tepat antara ujung atas dan bawah.”
Pedrosa: “Penyaluran tenaga sedikit berbeda. Kita mencoba mendapatkan grip lebih. Motor masih banyak sliding saat pengereman.”
“Ini masih belum jelas apakah ini karena isu mesin yang kita alami. Kami masih belum yakin apakah mesin atau elektronik.”
Hasil catatan waktu Marquez dan Pedrosa lebih lambat dibandingkan dengan best lap saat race awal musim ini di Jerez. Bahkan di akhir latihan hari Jumat tadi, laptime Marquez hari ketiga ini ditempel ketat oleh Tom Sykes yang mengendarai motor Kawasaki WSBK. Byuhhh…mungkin kalau di race, belum tentu juga Marquez dan Dani bisa menang melawan Superbike tuh 😀
Dengan software dan ban baru, jelas membuat tim MotoGP harus bekerja ekstra dari awal lagi untuk mencari setup motor. Jelas akan menjadi pekerjaan rumah yang rumit bagi pembalap dan juga insinyur HRC..
Laptime hari Jumat, 27-11-2015:
MotoGP
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 39.17s
6. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 39.93s
WSBK,
1. Tom Sykes 1:39.313 (Kawasaki)
2. Jonathan Rea 1:39.524 (Kawasaki)
3. Nicky Hayden 1:40.193 (Honda)
Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang
Baca Artikel Lainnya gan…:
- Kepoin New Honda CB150 Verza CW Warna Hitam Doff
- Saling Bersinergi, Diler SIP Yamaha Adakan Program Berbagi Untuk Warga
- Yamaha Jatim Mengapresiasi Petugas RS. Lapangan Indrapura
- Satlantas Polres Jember Pilih Yamaha NMAX dan MT25 Jadi Kendaraan Operasional
- Untuk Pecinta Turing, AHM Pasarkan Honda GL1800 Gold Wing!!
- Tips Hemat Bensin Ala Yamaha Jatim, Cobain Yuk!
- Lebih Dekat Dengan Honda CRF150L Warna Hitam
- Yamaha Jatim Kopdar Online Bareng Media, Topik Seru Abis Cak!
- Kepoin New Honda Vario 125 CBS Warna Merah, Favorit Nih!
- Yamaha Jatim Dukung Vaksinasi KelilingPolrestabes Surabaya