Brosis, tidak bisa di pungkiri regulasi baru motoGP sangat menguntungkan tim Open Class. Bonus 12 mesin,bonus 24 liter bahan bakar,dan mendapat jatah ban lunak. Ini membuat beberapa tim pabrikan kuatir dengan tim Open.
Secara fisik mesin pada motor Open serupa dengan factory,yang membedakannya hanya penggunaan ECU baik software dan Hardware. Tim Open menggunakan ECU yang sama dari Dorna yaitu Magneti Marelli sedangkan tim factory menggunakan ECU mereka sendiri.
“Motor Open mirip dengan motor
pabrikan, hanya saja bisa menggunakan ban yang lebih lunak.
Hal itu menguntungkan di sesi
kualifikasi. Perbedaan jumlah bahan
bakar dan elektronik tak akan terlalu
berpengaruh. Saya tak terlalu cemas
soal bahan bakar, saya lebih
khawatir soal ban itu,” ujar Alvaro Bautista.
Meski demikian setidaknya regulasi baru ini membuat persaingan motoGP akan semakin ketat dan seru,biar tidak hanya tim pabrikan saja yang di depan,dan peta persaingan pun lebih merata.Bukan begitu bro??
Semoga berguna.