MotoGP: Bridgestone Menyediakan Ban Khusus Untuk Race Austin,,!!

image

Bridgestone sebagai pemasok ban utama motoGP telah mempersiapkan ban yang nanti akan digunakan di Austin nanti. Seperti yang sudah di ulas di artikel terdahulu disini, ban yang digunakan adalah ban dengan spek 2013. Ini dikarenakan ban dengan spek 2014 banyak menuai komplain terutama dari kubu Yamaha. Kalau menurut subyektif saya bridgestone sepertinya ingin membuat semacam perbandingan lebih baik mana ban dengan spek 2013 dengan 2014 yang dianggap membahayakan! Gitu,,,

Austin adalah sirkuit yang tehnikal, semua sektor lengkap tersedia. Tikungan cepat, lambat, juga trek lurus terpanjang! 1200m bro… kombinasi inilah yang membutuhkan skill dan juga daya tahan ban yang oke. Nah khusus di Austin ini, karena tikungan cepatnya lebih banyak ke kanan otomatis bahu ban sebelah kanan akan lebih cepat terkikis. Untuk itu Bridgestone sudah antisipasi dengan ban belakang asimetris..lha benjol donk kekekek. Maksudnya karet ban belakang dibuat lebih keras. Untuk depan menggunakan tipe soft dan medium. Dan belakang untuk tim Open boleh pakai soft, sedangkan pabrikan medium dan hard saja.

image

Shinji Aoki, Manager Bridgestone Divisi Pengembangan, menjelaskan, “Tahun ini akan menjadi kunjungan kedua kami ke Sirkuit Austin Amerika dan layout track ini menyajikan cukup tantangan untuk pengembangan ban. Lintasan sirkuit yang berlawanan arah jarum jam dan trek tehnikal dengan kombinasi sudut lambat dan cepat, dan bagian lurus terbuka. “Fitur-fitur ini sangat penting pada front-end, seperti mempertahankan kecepatan sudut yang baik adalah penting di sini. Oleh karena ban depan kami perlu memberikan karakteristik pegangan yang baik dengan banyak stabilitas. Bagian belakangnban juga harus memberikan dorongan yang baik dari sudut lambat. Sudut cepat ke kanan yang cukup parah pada ban, sehingga pada sirkuit ini kami menyediakan slicks belakang asimetris dengan sedikit karet lebih keras di bahu kanan. ”

image

Yaps,,,semoga nanti tidak ada komplain ban lagi bro. Padahal catatan waktu sudah lebih baik namun masih dikomplain,,,hmmmm t e r l a l u…:p

Published by

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

2 thoughts on “MotoGP: Bridgestone Menyediakan Ban Khusus Untuk Race Austin,,!!”

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.