MotoGP: Rossi Tentang Penampakan Throttle Full Elektronik Di Motor Marc Marquez!!

image

Throttle Marquez

Berita dari GPone, Valentino Rossi kembali mengungkapkan statemennya lagi tentang penampakan sebuah kawat aneh pada gas pelintir di motor Marc Marquez.
Tapi memang jenius sekali bang Vale ini, selalu update terus tentang sepak terjang HRC. Tahun kemarin ketika Honda menggunakan tuas aneh juga Rossi pun langsung merespon, dan coba menerapkannya di Yamaha.

image

Throttle Scott Redding

Nah, kali ini sebuah kawat throttle aneh di motor Marquez yang berbeda dari motor2 lainnya bahkan rekan setimnya sendiri Dani Pedrosa. Terlihat hanya ada satu kawat elektronik pada motor Marc, sedangkan pada motor lain ada 2 kawat. Menurut Rossi kawat tersebut adalah kawat elektronik untuk mengatur kontrol penuh elektronik pada throttle. Sehingga meminimalisir kesalahan pembalap ketika membetot throttle. Tentu ini bertentangan dengan kampanye Rossi untuk mengurangi jumlah elektronik dalam balapan.

image

Throttle Rossi

“Saya ingin elektronik dikurangi,
karena itu tidak akan mengubah respek nilai dari pembalap terkuat itu tapi kita akan memiliki race yang lebih spektakuler, dengan sedikit kesalahan pembalap dan perubahan ritme balapan. Hal-hal yang tidak terjadi lagi sekarang ini “.
Ya, karena tugas elektronik adalah untuk meminimalkan kesalahan. Untuk
memungkinkan pembalap untuk menjaga  kecepatan secepat mungkin, bersih dari semua kesalahan kecil yang dapat mempengaruhi laptime. Dan tentu juga sisi keamanan, karena Traction Control dan sistem terkait, dalam keadaan tertentu, benar-benar membantu untuk mencegah kecelakaan. Itu sebabnya semua Pabrik, tanpa terkecuali, enggan untuk menerima pembatasan pada penggunaan elektronik, sehingga dapat mentransfer teknologi untuk produksi mesin mereka yang merupakan salah satu tujuan utama mereka.
Masalahnya adalah bahwa kesempurnaan adalah ..”membosankan“.

image

Throttle Pedrosa

Nah masalah ini yang bikin repot bro, disatu sisi kita juga ingin balapan yang safety,namun kurang menarik karena pembalap jarang melakukan kesalahan, tapi disisi lain juga banyak yang ingin balapan menarik saling salip namun agak beresiko.
Truss gimana yoopo iki?kalo pribadi sih inginnya yang safety tapi juga menarik, bisa gak jin??bissaaa…wani piro?? πŸ˜†

Meskipun sebenarnya semua pembalap menggunakan sistem yang sama,terlihat ketika di pit line throttle milik Marquez berbeda dengan lainnya. Berbeda dan lebih canggih tentunya. Hanya ada satu kabel sebagai kontrol penuh terhadap throttle. Bedanya dengan yang dua kabel sebenarnya adalah pada feeling pembalap. Jika menggunakan throttle elektronik ini maka semua manajemen throttle diatur oleh komputer sehingga sangat minim pembalap melakukan kesalahan saat membetot throttle. Berbeda dengan yang dua kabel, maka manajemen throttle lebih banyak menggunakan feeling pembalap.
Menurut brosis?

Published by

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

26 thoughts on “MotoGP: Rossi Tentang Penampakan Throttle Full Elektronik Di Motor Marc Marquez!!”

  1. itu namanya drive by wire, mobil harian jaman sekarang aja udah banyak yg pake bro, coba lihat pedal gas t kijang innova diesel nggak ada kabel kawat besi yang terhubung dengan throttle valve, semua diatur secara electronik. cmiiw

  2. ap mgkn it gas spontan MM edition??kan skrng era udah pke 2 kabel Throttle gas agar lebih enteng & maksimal saat betot….heeheeee…..

  3. jaman edan ya bang vale juga harus maen edan2an, jgn mundur ketika ada keanehan technology krn memang ini kan race prototype, siapa yg bisa ngembangin maka disitu perusaahn dapat kemajuan technology, siapa yg kurang biaya untuk pengembangan maka kalah satu langkah dalam lomba ini, jd honda semakin didepan yamaha klo dah ketinggalan technology. perusahaan itu bukan punya insinyur2 bodoh, melainkan jago2 dalam pengembangan demi menemukan hak patent, udah itu pasti technologynya yg lebih maju akan di beli oleh perusahaan lain untuk di jual pasaran gt. ujung2nya kan duit bang vale… klo bang vale udah ngomong gitu yamaha harusnya merubah selogannya “yamaha semakin di depan” ke “Yamaha semakin ketinggalan”. ada yg setuju???

  4. Hi, mohon maaf. setahu saya, seperti yg mas david emmet pernah sampaikan di twitter nya, ride by wire itu teknologi lumayan usang, sudah dipakai kurang lebih semenjak 7-8 tahun yang lalu. Dan semua motor di motoGP sudah menggunakan nya. Sebelum mengunakan teknologi ini, ada KABEL dari twist grip (throttle) yang dihubungkan langsung ke sensor di balik fairing yg bertugas mengatur bukaan gas/bahan bakar. Sekarang, semua diganti dengan sebuah motor/dinamo eletronik dengan sensor. Nah, menurut mas david, HRC memiliki sensor di bagian twist grip ini, untuk mempermudah pengendalian throttle yang pengaruh ya hanya sedikit mengurangi kompleksitas dalam proses betot membentot throttle. Sangat sedikit.
    Kalo memang perangkat elektronik ini bisa memaksimal kan kemampuan motor, kenapa tidak? Toh semua kembali ke pembalap, mampukan mengendalikan motor yang makin canggih. Hitungan kotor nya begini, kalo non-elektronik satu lap butuh 2 menit, dengan electronic bisa 1:30. Level balapan naik, pembalap juga harus improve.
    Ini hanya pendapat saja sih. Dan yang saya pahami adalah, artikel ini bersumber dari GPOne.com, yang semua orang “seharusnya” juga tahu mereka paling jago dalam hal sulut menyulut perdebatan. Dan maaf kalo boleh meralat judul, setahu saya Rossi tidak berkomentar mengenai sensor di throttle milik Marquez, tapi penggunaan elektronik secara umum pada kesempatan yang berbeda pula. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.